Mengenal Lebih Jauh Wabah Kelaparan

Jika anda sering menonton berita di televisi atau membacanya di media internet mengenai berita Negara-negara di Afrika, mungkin yang sering muncul adalah berbagai problem yang sedang dihadapi Negara tersebut. Seperti gizi buruk, berbagai penyakit, kekurangan air bersih, kelaparan, dan lain-lain. Gizi Buruk Somalia, Kelaparan Nigeria atau Berbagai Penyakit di Negara-negara miskin Afrika selalu menjadi headline berita.

Wabah Kelaparan merupakan bencana kekurangan makanan dalam lingkup yang luas. Selama wabah kelaparan belum diatasi maka orang-orang tidak hanya menderita kelaparan, tapi juga kekurangan gizi. Hal ini berdampak juga pada masalah gizi buruk, tubuh mereka kurus dan tidak mendapatkan asupan nutrisi yang baik untuk tubuh yang sehat. Rantai masalah ini akan semakin diperparah ketika ditambah dengan berbagai penyakit. Sederhananya adalah kelaparan akan mengakibatkan gizi buruk yang kemudian daya tahan tubuh pun buruk, akhirnya penyakit mudah menyerang.

Untuk meningkatkan solidaritas kemanusiaan, Bahkan Pemerintah Indonesia sering mengadakan kerjasama dengan organisasi kemanusiaan untuk menyalurkan bantuan ke Negara-negara yang sedang mengalami wabah kelaparan. Bantuan makanan, obat-obatan, benih, dan alat kesehatan untuk korban kelaparan sudah disalurkan ke mereka yang membutuhkan. 
Tentang Teror yang Memicu Kelaparan Akut di Borno Nigeria. (foto: act.id)
Barang-barang tersebut dikirimkan melalui jalur udara, truk dan kereta api. Bantuan seperti ini biasanya tidak bisa menyelesaikan permasalahan yang mendasarinya, meskipun memang membantu orang secara langsung. Sebaiknya membantu korban kelaparan dengan cara mendukung atau memfasilitas mata pencaharian mereka. Solusi jangka panjang ini bisa diterapkan di Indonesia sendiri dimana bisa menyasar Daerah yang penduduknya terkena wabah kelaparan. Penyaluran dana, pekerjaan atau program lain dalam rangka membantu mereka mencari nafkah.

Tentu cara yang paling efektif untuk mengatasi kelaparan adalah dengan meningkatkan pendapatan penduduknya dan didukung dengan ketersediaan pangan bagi masyarakat miskin. Swasembada pangan harus diusahakan oleh setiap Negara agar bisa menjamin kelangsungan hidup penduduknya. Mungkin salah satu upaya untuk mendukung ketersediaan pangan adalah pengembangan teknik pertanian agar produksinya meningkat. Contohnya di Benua Afrika terdapat Proyek Rekayasa seperti High Dam di Sungai Nil yang bisa menampung air dari musim hujan untuk menghadapi musim kemarau. Air tersebut kemudian didistribusikan melalui sistem irigasi yang merata. Dengan demikian semua daerah pertanian mendapat pasokan air yang cukup.

Untuk menjamin ketersediaan pangan, Pemerintah suatu Negara harus memiliki pasokan pangan yang cukup terutama saat terjadinya bencana. Bisa saja bahan pangan hasil pertanian yang siap dipanen menjadi gagal panen karena bencana yang terjadi. Banjir, kekeringan, wabah hama, sering menyebabkan gagal panen. Hal tersebut tentunya harus menjadi perhatian serius semua orang, bukan hanya Pemerintah. Tidak menutup kemungkinan wabah kelaparan yang sering menyerang Negara di Afrika bisa juga menyerang Indonesia. Semoga Bermanfaat.
Previous
Next Post »