Header Ads

Tempat Wisata Pendekar Tongkat Emas Paling Instagrammable

Anda tentu masih ingat film laga Pendekar Tongkat Emas yang diputar di bioskop tahun 2014 lalu. Dibintangi oleh aktris sekaligus penyanyi Eva Celia (Dara) dan aktor kawakan Christine Hakim (Cempaka) serta Nicholas Saputra (Elang), film Pendekar Tongkat Emas memang dikemas begitu apik dan mempesona. Secara cerita, film ini mengisahkan tentang konflik di dunia persilatan yang disebabkan oleh pengkhianatan demi sebuah tongkat emas sakti mandraguna.
Tempat Wisata Pendekar Tongkat Emas Paling Instagrammable
Tempat Wisata Pendekar Tongkat Emas Paling Instagrammable
Selain itu, yang menjadi fokus penting adalah alam Sumba Barat Daya yang menjadi lokasi syuting film ini. Padang rumput nan hijau serta pantai dengan batu tebing tinggi membuat film ini terkesan kolosal. Lokasi syuting Pendekar Tongkat Emas sendiri berada di Sumba Timur, tepatnya di Teluk Tarimbang, Padang Savana, pemandian Weikelo Sawah dan tebing Watuparunu. 

1. Teluk Tarimbang
Tarimbang, sebuah teluk berbentuk seperti tapal kuda yang berada di Selatan Pulau Sumba. Pantai yang bentuknya seperti teluk, dengan tebing batu besar di sekitarnya seperti setengah lingkaran. Pantai ini memiliki pemandangan yang mempesona dengan air yang sangat jernih. Teluk Tarimbang menjadi lokasi dari sejumlah adegan di film Pendekar Tongkat Emas, melihat keindahannya, tidak heran kalau lokasi tersebut dipilih bagi sejumlah adegan dalam filmnya. Yang menjadi daya tarik utama Tarimbang adalah ombaknya yang lumayan besar dan cocok bagi anda yang senang berselancar. Bagi anda yang ingin berselancar tetapi tidak mau repot membawa papan selancar sendiri bisa meminjam dengan operator di sekitar pantai. Dan bagi anda yang tidak bisa berselancar, masih banyak hal lain yang bisa di nikmati dari Tarimbang.

Tarimbang mempunyai pantai yang panjang dan pasir putih bersih. Pantai ini di bentengi oleh tebing tebing setinggi gedung bertingkat di kiri dan kanannya, ditengahnya ada muara sungai air tawar yang sangat jernih. Pantai Traimbang ini sangat bagus difoto dari sudut manapun, airnya sangat jernih dan dingin sekali, cocok untuk mandi sekaligus mendinginkan kulit. 

2. Savana Puru Kambera
Dalam film Pendekar Tongkat Emas, dikisahkan banyak adegan yang berlatar belakang padang rumput berbukit nan indah. Adegan itu pun berlokasi di Savana Puru Kambera yang terletak di Sumba Barat Daya.

Mulai dari adegan awal Cempaka yg berjalan dan memperkenalkan dirinya, hingga adegan Elang yg mencari seseorang, semuanya bertempat di Savana Puru Kambera. Savana Puru Kambera kerap dijadikan destinasi utama bagi para pengunjung yang ingin melihat tingkah laku kuda liar Sumba di alam bebas. Gerombolan kuda Sumba akan lebih sering terlihat di saat musim kemarau dibandingkan dengan musim penghujan. Hal tersebut dikarenakan pada musim kemarau, padang savana di Puru Kambera menjadi sangat kering sehingga kuda-kuda liar akan lebih aktif merumput di luar hutan untuk mencari makan. Kuda liar ini sangatlah peka, jadi bagi yang ingin mendekati lebih dekat lagi gerombolan kuda ini haruslah ekstra pelan-pelan agar mereka tidak langsung bergerak menjauh. Siapkan segera kamera Anda untuk mengabadikan momen langka tersebut.

Panorama alam berupa savana berwarna kuning keemasan dibalut dengan birunya langit menjadikan suasana di sekitar lokasi serasa berada di alam Afrika. Tak hanya itu saja, latar belakang hamparan biru laut dari kejauhan pun nampak kontras dengan warna kuning padang savana ketika musim kemarau dan hijau pada musim penghujan. 

3. Air Terjun Waikelo Sawah
Di Sumba Barat Daya, objek wisata yang lain yang turut dijadikan latar buat syuting adalah Air Terjun Waikelo Sawah. Lokasi tersebut jadi tempat mandi Elang serta perjumpaanya dengan Dara secara tidak sengaja. Airnya ke luar dari gua yang lebarnya sekitar 4 meter. Air terjun ini memang tidak terlalu tinggi, cuma 3 meter, tetapi penampakannya sungguh cantik. Air dari gua mengalir deras ke kolam di bawahnya dapat digunakan untuk mandi.  Tapi anda harus berhati-hati selama bermain air di kolam agar tak terbawa pusaran air.

Berlimpahnya aliran air di Waikelo Sawah ternyata sangat berguna bagi penduduk desa setempat. Aliran air dari Waikelo Sawah ini mampu mengairi persawah untuk beberapa desa diantaranya; Desa Tema Tana, Kalembu Ndara Mane, Mareda Kalada, Pada Eweta, Wee Rame, Dikira dan Desa Tanggaba.

4. Tebing Watuparunu
Bagi yang sudah menonton filmnya, tentu ingat adegan di mana Dara dan Elang berlatih belajar togkat bersama dengan latar pantai dan tebing. Bukan cuma menampilkan aksi yang epik, keindahan Tebing Watuparunu mampu menghipnotis siapapun yang  datang. Tebing batu putih yang berada di ujung timur pantai ini menjadi salah satu ciri khas Pantai Watu Parunu. 

Tebing ini terbentuk dari susunan beberapa jenis bebatuan. Bentuk tebing yang meliuk-liuk terbentuk karena proses alam, ibarat sebuah lukisan Tuhan yang terukir indah di bagian ujung pantai. Ketika air pantai sedang surut, tebing batu ini dapat dicapai dengan melewati batu berlubang yang berukuran cukup besar.

Setelah menyaksikan filmnya, pastinya anda jadi ingin mengenal Sumba dan ingin berkunjung ke sana. Selain belum ramai, sejumlah tempat di atas pastinya dapat menginspirasi anda untuk berfoto ala Pendekar Tongkat Emas.

Saat ini, banyak sekali agen perjalanan yang jual tiket pesawat murah. Anda bisa cek harga tiket menuju Sumba melalui Reservasi.com

Ayo liburan ke Sumba dan nikmati keindahan pesona kawasan Sumba Barat Daya.                                                                                                             

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.