Header Ads

Ragam Penyakit yang Kerap Dialami Oleh Kaum Lansia

Kondisi fisik biasanya memang cenderung menurun seiring dengan pertambahan usia. Itulah yang menyebabkan kaum lansia lebih rentan mengidap berbagai penyakit. Terutama jika tidak menjalani pola hidup sehat secara konsisten.

Bagi kita yang masih muda, tentu saja kita harus lebih waspada mencegah penyakit-penyakit lansia tersebut. Yuk kenali dulu ragam penyakitnya supaya kita bisa mengantisipasi penyakit tersebut dari sekarang :

Gangguan Penglihatan
Gangguan penglihatan adalah penyakit yang paling sering dialami oleh kaum lansia. Biasanya gangguan penglihatan diakibatkan oleh penurunan fungsi organ-organ penglihatan. Jenis penyakitnya pun beragam, mulai dari presbiopi, miopi, hingga katarak. Biasanya dokter akan menyarankan tindakan pengobatan secara teratur atau operasi sebagai solusinya.

Osteoporosis
Asupan kalsium yang kurang bisa mengakibatkan timbulnya penyakit osteoporosis. Akibatnya, lansia jadi lebih mudah mengalami tubuh bungkuk atau bahkan patah tulang. Untuk mencegah osteoporosis, konsumsi makanan kaya kalsium dengan porsi seimbang harus diperhatikan mulai dari sekarang.
Ilustrasi. (foto: eramuslim.com)
Radang Sendi
Selain osteoporosis, keluhan pada sendi-sendi tubuh juga kerap dialami oleh lansia. Keluhan mengenai radang sendi ini biasanya timbul di sekitar lutut, pergelangan tangan, pinggang, dan beberapa bagian tubuh lainnya. Pertambahan umur mengakibatkan produksi minyak alami pada sendi jadi berkurang. Sehingga gesekan antar sendi jadi berisiko menimbulkan peradangan.

Daya Pendengaran Berkurang
Presbikus adalah istilah untuk menyebut berkurangnya daya pendengaran pada kaum lansia. Hal ini dapat disebabkan oleh menurunnya kemampuan saraf telinga untuk menangkap rangsang bunyi dari sekitar. Biasanya hal ini bisa diatasi dengan cara mengandalkan alat bantu dengar.

Penurunan Fungsi Kognitif
Penurunan fungsi kognitif sering dikenal dengan istilah pikun. Gangguan pada otak ini bisa membuat kita jadi mudah lupa mengenai hal-hal baru maupun hal-hal di masa lalu. Otak membutuhkan asupan nutrisi cukup dan aktivitas seimbang agar tak mudah lupa meski usia terus bertambah.

Kunci utama untuk menghadang penyakit di usia senja tentu saja adalah pola hidup sehat. Selain itu, kita juga bisa melindungi diri sendiri dan anggota keluarga dengan asuransi kesehatan keluarga yang tepat. 

Kini sudah banyak sekali produk asuransi kesehatan keluarga yang manfaat proteksinya sebanding dengan kebutuhan kita. Cari produk asuransi kesehatan keluarga jadi semakin mudah dan nilai preminya tidak membebani kita. Sehingga perlindungan terhadap kesehatan keluarga bisa kita usahakan semaksimal mungkin.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.