Header Ads

Menjadi Orang Tua Cerdik Agar Sang Anak Suka Makan


Seringkali anak-anak sulit untuk diajak makan meskipun makanan sangat penting bagi dirinya. Selain perlu memperhatikan nutrisi apa saja yang dibutuhkan guna mendukung proses tumbuh kembangnya, orang tua juga perlu cerdik dalam membujuk anak yang susah makan. Tak jarang orang tua gagal dan menyerah ketika mengajak anaknya untuk bisa makan. Mau tahu bagaimana cara menghadapi anak yang sulit makan? Sebelum mengetahui beberapa caranya, klik tautan berikut ini https://www.guesehat.com/cara-mengobati-luka-pada-pasien-diabetes terlebih dahulu.

Gunakan peralatan makan yang menarik
Memberikan makan anak-anak dan orang dewasa jelas bukanlah suatu hal yang sama. Selain porsi yang berbeda jumlahnya, anak-anak juga tidak bisa diberikan peralatan makan seperti halnya orang dewasa. Selain kemampuannya untuk menggunakan alat makan yang belum terampil seperti orang dewasa, anak-anak juga perlu diberikan stimulan agar suka makan melalui alat makan yang digunakannya.

Gunakanlah peralatan makan yang menarik untuk anak Anda agar ia merasa tertarik dengan makanan yang Anda sajikan. Anda bisa memberikan peralatan makan dengan karakter yang lucu sesuai dengan yang disukai oleh anak Anda. Berikan kebebasan juga untuk sang anak agar bisa makan sendiri supaya motoriknya terlatih dan bisa menuntunnya untuk makan sendiri dikemudian hari.

Buat menu makanan yang berbeda setiap hari
Ada berbagai penyebab mengapa anak-anak merasa malas untuk mengonsumsi makanan yang disajikan kepadanya. Mulai dari penyajian makanan yang kurang menarik, rasa makanan yang hambar sampai yang paling sering terjadi yakni menu makanan yang tidak berganti.

Anak-anak akan merasa bosan apabila Anda tidak memberikan variasi pada menu makanan yang diberikan setiap harinya. Untuk mencegah rasa bosan tersebut, sebaiknya berikanlah makanan dengan menu yang bervariasi tanpa mengurangi asupan nutrisi yang dibutuhkannya. Tidak ada salahnya juga untuk membuat daftar menu yang akan dibuat setiap harinya agar Anda bisa menentukan makanan apa sajakah yang akan dibuat setiap harinya. Anak-anak pun akan lebih bahagia saat makan dan asupan nutrisi yang diterima pun akan lebih terjaga.


Posting Komentar

0 Komentar